Trend Teknologi Masa Kini

Trend Teknologi Masa Kini
Zaman sekarang adalah zaman dimana semua kehidupan manusia tidak lepas dari kehadiran teknologi, kita pasti membutuhkan teknologi untuk menunjang aktifitas kita sehari hari bahkan kita kita membutuhkan teknologi untuk bermain game, banyak sekali teknologi yang di gunakan untuk bermain game, dan dari zaman ke zaman, perkembangannya pun semakin pesat. Sampai sekarang banyak tren- tren yang berkembang dalam teknologi game, seperti AR, VR, AI, dan lain lain, kali ini kita hanya akan membahas tentang AR, dan VR
Apa itu AR? AR adalah singkatan dari Augmented Reality atau realitas tertambah, yaitu sebuah teknologi yang menggabungkan benda yang ada di dunia nyata dengan benda buatan yang ada di dunia maya kedalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3, lalu benda maya tersebut di proyeksikan dalam waktu yang nayta dan berjalan secara interatif di di dunia nyata.
Seperti apa pengaplikasian AR? AR di gunakan tidak hanya untuk bermain game, teknologi ini juga di pakai pada bidang militer, medis, dan manufaktur yang memiliki resiko besar dan membutuhkan tambahan benda semu yang serupa dengan benda nyata sebelum di aplikasikan ke dunia nyata contohnya adalah  pemeriksaan  CT Scan dan MRI, hasil dari pemeriksaan ini yang nantinya yang di berkan kepada ahli bedah untuk memberikan gambaran mengenai anatomi internal tubuh pasiennya, dari gambar tersebut, kemudian  pembedahan pasien bisa di rencanakan,
Perangkat apa aja yang di butuhkan untuk menggunakan AR ? Perangkat yang di butuhkan untuk menggunakan teknologi ini adalah kamera, atau webcam sebagai input device, dan menggunakan monitor atau Head Mounted Display (HMD) dan alat pelacak (tracker) sebagai output device, tracker ini berfungsi agar benda maya tambahan yang berupa penanda yang dihasilkan berjalan secara real-time atau dapat berinteraksi walaupun benda nyatanya yang menjadi induknya di geser.
Setelah kita bahas secara singkat tentang AR, sekarang kita bahas VR itu apa sih ? VR adalah singkatan dari Virtual Reality, yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan usernya adept berinteraksi dengan suatu lingkungan 3 dimensi yang di buat oleh komputer sehingga membuat usernya seolah olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut.
Bagaimana pengaplikasiannya? Selain untuk game, teknologi ini berguna juga di bidang penerbangan dan bidang lain yang beresiko besar yang membutuhkan prototype yang meniru kondisi nyata sebelum melakukannya didunia nyata, contohnya VR yang di gunakan di dunia penerbangan sebagai simulasi penerbangan seorang calon pilot yang menggunakan komuter khusus untuk melakukan ujian.
Perangkat apa yang digunakan untuk menggunakan VR ? biasanya VR ini menggunakan peralatan khusus seperti layar komputer untuk menampilkan lingkungan, pengeras suara untuk menerima informasi pendengaran, pelacak (tracker) untuk memonitor gerakan kepala user, sarung tangan (glove) untuk menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem, alat bantu jalan (walker) untuk memantau gerakan kaki, dll.


Sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/578bad89642eb6d44a8b4567/penjelasan-apa-itu-vr-amp-ar-beserta-perbedaannya/

Komentar

Postingan Populer