Sejarah Singkat Teknologi Informasi dan Perkembangannya dari masa ke masa


Sejarah Singkat  Teknologi Informasi dan Perkembangannya dari masa ke masa


                Zaman sekarang, kita dengan sangat mudahnya mencari, bertukar, dan mendapatkan informasi yang kita inginkan. Kita bisa mencarinya di internet, televisi, dan lain lain.  Berbeda dengan zaman terdahulu. Pada zaman dahulu akses untuk mendapatkan informasi bisa di bilang terbatas. Untuk mendapatkan suatu informasi, orang –orang zaman dahulu hanya bisa berkunjung ke perpusatakaan terdekat dan mencarinya di buku-buku, di koran, bertanya pada dosen atau orang yang ahli di bidangnya, dan masih banyak lagi. Kemudahan kita dalam mendapatkan informasi pada zaman sekarang di karenakan berkembangnya teknologi informasi de ngan sangat pesat di zaman sekarang. Nah… teknologi informasi tuhh apa sih?..
                Teknologi informasi adalah sebuah teknologi yang diciptakan untuk mengolah data atau informasi, seperti mendapatkan, memproses, menyusun, menyimpan, atau memanipulasi suatu data atau informasi dengan berbagai macam cara untuk mendapatkan informasi yang baik, suatu informasi dikatakan baik apabila apabila informasi tersebut itu relevan, tepat waktu, dan akurat. Teknologi menggunakan komputer untuk mengolahnya, menggunakan sebuah system jaringan pula untuk menghubungkan suatu komputer ke komputer lain, dan menggunakan teknologi komuniksi juga agar informasi yang kita punya dapat di sebar dan diakses oleh semua orang. 

                     
                Sejarah Teknologi Informasi tuh kayak apa siih?.. Sejarah Teknologi informasi dimulai pada masa pra sejarah, sekitar tahun sebelum 3000 BC manusia purba zaman ini mulai menggunakan teknologi informasi sebagai suatu alat untuk pengenalan benda-benda yang ingin di kenali, dari informasi yang mererka dapatkan, mereka akan presentasikan tersebut dalam bentuk gambar yang lukiskan di dinding gua atau batuan tempat mereka tinggal. Cara ini dianggap paling tepat dan baik karena pada zaman pra sejarah ini kemampuan berbahasa hanya sekedar suara dengusan atau isyarat tangan. Perkembangan selanjutnya mereka mulai menggunakan suara-suara seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk, dan menggunakan asap sebagai tanda peringatan dari suatu bahaya.
                                                          
                Selanjutnya pada mulai pada tahun 2900 BC diketahui bangsa Mesir Kuno sudah memiliki dan menggunan huruf yang di sebut Hierogliph, yaitu sebuah Bahasa symbol yang digunakan untuk sebuah ungkapan, untuk setiap ungkapan dinyatakan dengan symbol yang berbeda pula dan jika di gabunkan maka ungakapan tersebut memiliki cara pengucapan dan arti sendiri.
                                          
 Lalu melompat ke tahun 1455, pada masa ini diciptakannya mesin cetak, manusia sudah mulai menggunakan mesin cetak berupa plat besi, kemudian plat besi tersebut diganti dengan bingkai yang di kembangkan oleh Johann Guttenberg.
Kemudian pada tahun 1830, Augusta Lady Byron dan Charles Babages mulai menulis program komputer menggunakan mesin analytical, mesin analytical dengan programnya ini di desain untuk menerima dan mengolah data atau informasi yang kemudian di keluarkan dalam bentuk kartu, dan mesin ini dikenal sebagai komputer bentuk digital pertama walaupun cara kerja nya masih lebih ke teknis daripada digital, dan mesin ini pula merupakan cikal bakal komputer pertama ENIAC I yang terbit 94 tahun kemudian.
Setelah mampu menulis program komputer oleh Augusta Lady Byron dan Charles Babage, pada tahun 1837  Samuel Morse, Sir William Cook, dan Sir Charlie Wheatstone mulai mengembangkan  teknologi informasi, mereka membuat telegraph dsan sandi morse, mereka mengirim informasi ke 2 tempat  yang berjauhan menggunakan kabel untuk menghubungkan 2 tempat tersebut, hasilnya proses pengiriman dan penerimaan informasi dapat di tempuh dengan waktu yang hampir bersamaan, penemuan ini dapat di gunakan oleh semua orang tanpat melihat jarak dan waktu, dan 40 tahun kemudian, Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang digunakan secara umum.
Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1923 Zvorkin menciptakan Televisi (TV) tabung pertama di dunia, dan barang ciptaannya masih di gunakan sampai sekarang dan telah mengalami beberapa kali inovasi. Pada tahun 1940, pada masa ini dimulailah pengembangan ilmu informasi yang di gunakan oleh tentara-tentara untuk kepentingan pengiriman data-data perang dalam perang dunia II, data-data tersebut di masukan ke dalam magnetic tape. Pada tahun 1945 Vannevar Bush mulai mengembangkan system teknologi pengkodean menggunakan hypertext. Satu tahun kemudian, komputer digital pertama di dunia yang bernama ENIAC I di kembangkan. Dan 2 tahun kemudian, para ahli dari Bell Telephone melakukan pengembangan teknologi Transistor. Transistor tersebut di kembangkan kembali oleh Jean Hoerni pada tahun 1957, teknologi ini memungkinkan untuk pengembangan ratusan hingga milyaran transistor yang di masukan ke dalam keeping kecil Kristal silicon.
Kemudian USSR yang pertama kali mengirimkan sebuah satelit bumi buatan yang tugasnya adalah sebagai mata-mata, sebagai rivalnya, pemerintah Amerika memutuskan Departemen Keamanannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemerintah Amerika Memerintahkan Dewan Keamanannya untuk membuat ARPA (Advance Research Projects Agency).
Selanjutnya pada tahun 1969, dibuatlah system jaringan pertama yang menghubungkan 4 titik (nodes) University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah jaringan ini memiliki kecepatan 50kbps, beberapa tahun berikutnya, pada tahun 1972, seorang yang bernama Ray Tomlinson membuat e-mail yang pertama, e-mail yang kalian gunakan sampai sekarang.
Kemudian di tahun 1973, di perkenalkanlah istilah internet (Interconection networking) lewat paper yang membahas tentang TCP/IP (Transmission Control Protocol), berikutnya suatu group dari DARPA mengembangkan sebuah protocol jaringan yang kemudian di kenal dengan nama TCP/IP.
Pada tahun 1981, dikembangkan lah sebuah Backbone network yang di sebut CSNET, CSNET ini berkapasitas 56 kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan, pengembang dari backbone network ini adalah National Science Foundation (NSF). Backbone Network itu apa sih ? Backbone Network adalah sebuah teknik dalam suatu jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan local dan bagian lain yang bisa menyediakan jalur untuk dapat mengubah paket informasi antara LAN dan subnetwork yang berbeda.
Setelah NSF mengembangkan  Backbone, kemudian 5 tahun berikutnya sebuah organisasi yang bernama Internet Engineering Task Force mengembangkan sebuah server yang berguna untuk sebagai alat koordinasi antara beberapa group seperti DARPA, ARPANET, DDN, dan internet Gateway. Dan pada tahun 1991, Teknologi Informasi mulai masuk ke dalam dunia bisnis, hal ini mulai terjadi ketika CERN mulai menanggulangi biaya operasionalnya dan mulai meminta bayaran kepada para anggotanya.
Satu tahun setelah teknologi informasi masuk ke dunia bisnis, terbentuklah sebuah komunitas internet dan CERN mulai memperkenalkan istilah WWW ( World Wide Web ) yang dikenal sampai saat ini. Lalu, pada tahun 1993 NSF mulai memebentuk InterNIC, sebuah layanan penyedia jasa yang menyangkut direktori dan penyimpanan data serta dataase (AT&T), jasa informasi (General Atomics/CERFnet), dan jasa registrasi (Network Solution Inc.). hal ini membuat pertumbuhan internet melaju pesat dan mulai masuk kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan, hingga tahun 1995 perusahaan umum mulai diperbolehkan untuk menjadi provider dengan membeli jaringan backbone. Langkah ini di percaya sebagai awal mula pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan dimulai pula penelitian-penelitain untuk pengembangan system dan alat yang lebih canggih.
Semua perkembangan yang kita terima saat ini adalah berkat ratusan bahkan ribuan orang yang mau sedikit berusaha lebih keras untuk menciptakan sesuatu pada zaman dahulu, mereka dengan semua keterbatasannya berhasil menciptakan dan mengembangkan semua teknologi sampai secanggih saat ini
Pesan saya jangan menyerah, jangan pernah lelah untuk  mencoba sesuatu yang baru, karena siapa tau, saya, anda atau kita semua yang akan  menemukan sebuah penemuan besar yang berguna untuk generasi-generasi selanjutnya.




Sumber :



Komentar

Postingan Populer